Perangkat Pintar Xiaomi alias AIoT Wujudkan Hidup yang Lebih Cerdas

Posted on

Perangkat Pintar Xiaomi alias AIoT Wujudkan Hidup yang Lebih Cerdas – Xiaomi memastikan komitmennya untuk menghadirkan smartphone dan perangkat pintar bagi para penggunanya sambil terus memperkenalkan lebih banyak produk dan teknologi baru. Produk ekosistem yang inovatif akan selalu dihadirkan untuk pasar Indonesia.

Perangkat Pintar Xiaomi alias AIoT Wujudkan Hidup yang Lebih Cerdas

Untuk itulah, pada 5 November, Xiaomi akan memperkenalkan anggota baru produk ekosistem yakni Mi Air Purifier 3C, Mi True Wireless Earbuds Basic 2, dan Mi True Wireless Earphones 2S. Semua produk tersebut akan dijual melalui mi.com, serta official store Xiaomi di Blibli, Lazada, Shopee, JD.ID, Akulaku dan Tokopedia.

“Sebagai perusahaan global terdepan dengan berbagai produk smartphone dan AIoT, Xiaomi percaya bahwa teknologi harus dapat diakses oleh semua orang agar dapat meningkatkan kualitas hidup dengan teknologi. Kami berkomitmen akan terus membawa berbagai produk terbaik untuk Indonesia,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Inilah realisasi dari strategi “Smartphone X AIoT” untuk satu dekade berikutnya yang menempatkan ekosistem perangkat pintar sebagai bagian penting dari bisnis smartphone. Xiaomi ingin memperkenalkan gaya hidup pintar melalui produk inovatif kepada semua orang dengan harga sebenarnya.

Sebagai pemimpin platform IoT dunia, Xiaomi memiliki beberap portofolio produk ekosistem yang bisa mendampingi aktivitas sehari-hari penggunanya. Tidak hanya memasarkan Mi Electric Scooter, Xiaomi juga menawarkan Mi Smart Band 5, atau Mi 20W Wireless Car Charger untuk di dalam mobil.

Sementara itu, rumah pintar bukan lagi mimpi di masa depan berkat sejumlah perangkat

Yang membuat hidup makin nyaman dan aman seperti Mi Air Purifier 2H, Mi Smart LED Bulb, Mi Robot Vacuum-Mop, Mi Wi-Fi Range Extender Pro, serta Mi TV 4. Tercatat, per 30 Juni 2020, sudah ada 271 juta unit perangkat pintar (belum termasuk smartphone dan laptop) atau tumbuh 38,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Pengguna yang memiliki lima perangkat pintar atau lebih kini terhitung sebanyak 5,1 juta orang atau tumbuh 63,9% dibandingkan tahun sebelumnya.

Aplikasi Mi Home App yang digunakan untuk terhubung dengan perangkat pintar kini memiliki 40,8 juta pengguna aktif bulanan (MAU). Artinya, aplikasi tersebut tumbuh 34,1% di mana pengguna smartphone non-Xiaomi menyumbang sebesar 67,9%[1].

Untuk TV pintar, Xiaomi telah mengirimkan 2,8 juta unit pada Q2 2020 dan menempati peringkat nomor 1 di Cina dalam enam kuartal berturut-turut, dan nomor 5 global. Xiaomi juga memperkenalkan standar baru dalam menikmati televisi melalui seri premium yakni Mi TV Master Series dengan TV dengan teknologi OLED.

Terkait dengan TV pintar yang ditawarkan, Xiaomi juga membuat terobosan berupa Mi TV LUX Transparent Edition. Perangkat itu pun jadi televisi transparan pertama yang diproduksi massal. Tidak hanya memperkenalkan lebih banyak jenis perangkat ekosistem, Xiaomi juga terus mengeksplorasi cara yang lebih baik dan menyenangkan.

Salah satu contoh eskplorasi yang lebih baik dan menyenangkan adalah dengan menghadirkan teknologi ultra-wideband (UWB). Dengan teknologi ini, smartphone mampu memberi perintah dengan mengarahkan ke arah perangkat pintar.

Berdasarkan laporan dari Canalys, Xiaomi menjadi produsen true wireless stereo atau TWS dengan pangsa pasar paling besar di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 44,2%, terpaut jauh dengan kompetitor di nomor dua melalui pangsa pasar 23,9%. Kesimpulan ini berdasarkan riset yang dilakukan Canalys pada bulan Mei 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *